Posted by: insinyur pengairan | April 11, 2011

Analisa Debit Andalan

Debit andalan adalah besarnya debit yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan air  dengan resiko kegagalan yang telah diperhitungkan. Dalam perencanaan proyek–proyek penyediaan air terlebih dahulu harus dicari debit andalan (dependable discharge), yang tujuannya adalah untuk menentukan debit perencanaan yang diharapkan selalu tersedia di sungai (Soemarto, 1987).

Debit tersebut digunakan sebagai patokan ketersediaan debit yang masuk ke waduk pada saat pengoperasiannya. Untuk menghitung debit andalan tersebut, dihitung peluang 80 % dari debit infow sumber air pada pencatatan debit pada periode tertentu.

Dalam menentukan besarnya debit andalan dengan peluang 80 % digunakan probabilitas Metode Weibull, dengan rumus :

 

Dengan :

P =  peluang (%)

m =  nomor urut data

n =  jumlah data


Responses

  1. kenapa kok menggunakan debit andalah 80%, bukan 50% atau 100%.
    mohon penjelasannya.

    • Debit andalan bisa digunakan dengan probabilitas keandalan yg berbeda-beda. Bisa dgn 50%, 70%, atau 90 %. Tp untuk 100 % tidak bisa digunakan, karena dgn probabilitas keandalan 100 % berarti hal itu pasti terjadi dan hal itu tidak mungkin.
      Perbedaan penggunaan probabilitas keandalan debit didasarkan pada peruntukan debit tersebut, misal untuk perencanaan irigasi debit desain yang digunakan adalah 80 %, dan untuk perencanaan Air Baku dipakai 90 %.
      trima ksih.

  2. mau bertanya nih..curah hujan efektif diambil stengah bulanan bisa juga di ambil satu bulanan..apa maksud pengambilan setengah bulanan??
    mohon penjelasannya…

    • yang dimasksud diambil setengah bulanan adalah data hujan yang digunakan setiap setengah bulan atau 15-16 hari. Misalkan bulan Januari, untuk periode yang pertama (setengah bulan pertama) data hujan yang digunakan tanggal 1-15 januari dan untuk periode kedua tanggal 16-31 januari. dan seterusnya bulan yang lainnya.
      tks

      • jadi perbedaan penggunaannya dengan bulanan apa yah??
        maksudnya fungsi di ambil stgah bulanan dgn bulanan???

      • yang saya ketahui, perbedaannya adalah hanya pada waktu periodenya, ada pula perhitungannya debit andalan dengan periode 10 harian.
        sedangkan untuk fungsi tidak ada perbedaan, cuma biasanya setengah bulanan digunakan untuk analisa pola tata tanam irigasi dan yang satu bulanan digunakan untuk analisa ketersediaan air baku.

      • mau bertanya lagi nih.. punya ga materi mengenai perhitungan kbutuhan air irigasi untuk metode FPR???mhon bantuannya krna lg nyusun tugas akhir..

      • OK terima kasih banyak atas infonya….

  3. mau tanyak ni, pak…
    kalo untuk menghitung debit andalan irigasi untuk menentukan ketersediaan air irigasi ada gak ya???

    • debit ketersedian air untuk irigasi biasanya yang sering dipakai debit andalan 90%, menghitungnya bisa menggunakan metode Weibull


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: